AM saya jantan apa betina?

Pertanyaan:

Apakah AM saya jantan atau betina? Burung AM merah saya kepala nya sedikit kecil dan pernah beberapa kali ngeper ketika tangan di dekatkan

dan ketika dijemur sendirian, tapi beberapa kali saya ketemukan dengan anis merah yang bunyi dan lagi teler di Kios Aryo, dan juga AM tetangga saya yang lagi teler, AM saya tidak mau ngeper, menurut mas Aryo AM saya itu jantan karena tidak ngeper pendapat ini juga saya pernah baca entah di mana. Apakah ada pendapat pakar AM yang lain soal kasus ini.

(Samuel G Setiyadi)

Jawab:

Pak Sam,

Ada beberapa point yang bisa saya sampaikan menurut pengalaman selama ini:

1. AM betina pasti ngeper tapi tidak semua AM yang ngeper betina.

2. Ngeper untuk betina tidak selalu menunjukkan burung sedang birahi, tetapi sekadar untuk menarik perhatian (bisa jadi menarik perhatian makhluk di sekitarnya, termasuk pemeliharanya/ orang lain dsb).

3. Burung ngeper adalah burung yang sedang tidak dalam kondisi stress/takut.

4. Bisa jadi AM Anda betina dan ngeper sekali-sekali dalam kondisi ingin menarik perhatian orang; dan justru tidak ngeper ketika melihat AM jantan yang ngerol2 karena memang belum birahi atau justru takut2.

5. AM betina dan sedang birahi (dewasa, fit/tidak stress) pasti ngeper jika didekatkan AM jantan dewasa (apalagi bunyi).

6. Fisik AM tidak bisa dijadikan patokan untuk menentukan jantan/betina kecuali Anda pegang dan dilihat kloakanya sekaligus diraba tulang supitnya (dua tulang penggapit kloaka/tulang pinggul?). Kalau antar tulang supit relatif longgar sekaligus kloakanya besar/memerah, kemungkinan besar betina. Kalau sempit dan kloaka rapat, kemungkinan besar jantan atau bisa juga betina tapi masih muda.

7. Untuk mengujinya, bisa digunakan alat sexing-detection/ test-sexing meski tingkat keakuratannya hanya sekitar 75%. Atau bisa juga digunakan tali berbandul logam (untuk teknis pemakaiannya, sudah pernah dibahas di milis KM.)

8. Banyak AM betina juga bunyi. Ada yang variatif (paling tidak, kawan saya pernah punya karena terbukti kemudian dia nelor2 melulu; sayang waktu itu belum ada keinginan menangkarnya; sekarang sudah bablas nggak tahu dijual kemana…).

9. Tidak ada yang bisa memberi jaminan untuk kepastian jantan betina AM kecuali AM peliharaan lama yang telah dipastikan perilaku dan suaranya. Artinya, semua itu perlu waktu.

10. Itulah salah satu seni memelihara burung: Merawat dengan penuh tanda tanya… jantan…betina… berkicau… membisu…hidup…mati…dsb-dsb.

11. Sabar….

Semoga bermanfaat.

10 gagasan untuk “AM saya jantan apa betina?

  1. Menanggapi soal perbedaan anis merahjantan dan betina tolong kesampingkan tujuan bisnis.Karena menurut saya burung anis merah ngeper itu adalah manja seperti halnya burung cendet kalau kota salah rawat pada saat trololan kita manjakan maka burung tersebut akan bersipat manja walaupaun sudah dewasa.Maka jika kita mempunyai burung trololan yang sudah ngepar hendaklah dikrodong setelan jemur biar tidak terlalu manja dan malas bunyi.Sobat kicau mania jika menurut kalian pendapat saya salah saya minta maaf,

  2. Sobat kicau mania dalam hal anis merah ngeper waktu didekati orang saya sudah berkali2 membuktikan bahwa burung tersebut belum tentu cewek,karena cewek dan cowok asal kita salah rawat terlalu memenjakannya waktu trotolan pasti jadinya ngeper.Coba beli dari peternak langsung satu sangkar dan semuanya dirawat dengan dimanja walau sudah ngepur jangan dikrodong selalu dedaktkan orang dan selau diberi EF dengan tangan langsung serta sering digoda tangan maka setelah dewasapun semuanya akan ngeper.Makasih

  3. itu bkn jaminan cewk mas bro,..menurutku klo cewek pas ngeper antara kepala dan ekor h berbentuk huruf U,klo AM jantan,..ngepernya itu,ekornya tetep sejajar tidak naik keatas,cm kepalanya aja yg diangkat

  4. CIRI2 AM JANTAN: 1.kepala berbentuk agak kotak,2.kaki panjang,mata bulat ky bola ping-pong tidak sayup,3.badannya/ekornya agak panjang tdk gundek,4.antara dada sm dubur(tengah) tidak mlembung, tp rata sejajar, 5.paruhnya sedikit melengkung tidak rata lurus. itu pengalaman sy bermain AM selama -+ 15 tahun,tdk pelihara burung lain kecuali AM..dan tidak mbleset dlm memilih,..maaf sy bknnya sombong,tp sdh terbukti,dan sy yakin itu,..TANPA DIPEGANG. sebab klo kt beli AM,apa boleh kt suruh penjualnya untuk memegang lht supitnya????? logika donk!!! LEBIH jelasnya lgi,HUB: 085334242519.

  5. PENYEBAB AM NGEPER: itu bkn brarti cewek,..tp bs juga karna kurang jemuran,terlalu berlebihan memberi extra fouding,mandi yg kurang teratur,jarang diberi buah2an.. sebab kt pelihara AM itu sprti merawat bayi,..hrs ati2, kt hrs tau karakter burung. terus bagi AM yg tidak mau jangkrik,kt hrus pksakn mau,sebab jangkrik adalah POWER utama pada setiap burung, dibanding kroto sm uler,..kroto sm uler hanyalah pendongkrak sementara,jgn dijadikan porsi makan tetap,..sebab akn menimbulkn birahi yg berlebihan. buah2an klo bs kta berikan setiap hari 1x,membuat burung anda lebih bagus lgi klo buahnya diseling tiap harinya..bkn cm 1 mcm buah aja..spy burung tdk mdh stress,memperlancar kotoran yg padat/sembelit. tidak ada kata orang yg PINTAR ngrawat burung,tapi PENGALAMANLAH yg membuat kt tahu.thanks all..SLM JOGJAKARTA

  6. iya, masalah AM memang pelik, saya punya 2 AM yg menurut saya itu yg satu jelas cowok karna poaturnya besar & mata besar menonjol, burung agak giras. sedang yg satu menurut saya cewek karna mata agak ecil & kepala lebih kecil dr yg satunya, tp. kenyataanya sekarang yg sudah bunyi malah yg kedua yg kepala lebih kecil. sedang yg pertama bila dengar yg kedua bunyi malah sering ngleperr, jadi saya tambah bingung untuk soal ciri AM cowok sama cewek. jadi semua ciri yg ditulis mengenai AM iti berdasarkan pengalaman masing2. belum ada patokan yg akurat untuk menentukan.mungkin seperti manusia juga cowok ada yg palanya besar ada jg yg kecil, mata juga ada yg besar ada juga yg kecil, tergantung ras dan daerah asalnya kali. tapi saya tetap semangat miara AM soalnya penuh misteri…

Tinggalkan Balasan

